Wabup Amrizal, Resmikan Program Technopark SMK 1 Koto Baru Dharmasraya

SUMBARTODAY.COM, DHARMASRAYA — Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, meresmikan Technopark di SMKN 1 Koto Baru, Selasa (07/08). SMKN 1 Koto Baru yang berada di bawah komando Taufik Suwanda ini merupakan salah satu dari beberapa SMK di Sumatera Barat yang mendapatkan program Technopark untuk pengembangan dunia pendidikan kejuruan yang berorientasi pada penyiapan kompetensi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Burhasmas Bur, yang turut hadir dalam acara peresmian itu menjelaskan, technopark merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan peserta didik dengan dunia kerja yang riil. Program ini akan dibimbing oleh pihak perguruan tinggi, yakni dari Institut Pertanian Bogor.

“Di SMK, ada namanya teaching factory, yang merupakan sebuah program pendidikan yang mengintegrasikan antara teori dan praktek. Dan keberadaan Technopark ini adalah untuk mendukung implementasi program tersebut. Ini akan menjadi wadah bagi sekolah untuk merancang dan menyiapkan lulusan yang siap bersaing dan maching dengan kebutuhan dunia industri,” pungkasnya.

Dalam pengembangannya, sambung Burhasman, technopark ini akan disesuaikan dengan potensi sektor yang sedang berkembang di daerah terkait.

Sementara itu, Wabup dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pihak terkait yang sudah menjadikan salah satu sekolah kejuruan di Dharmasraya sebagai sasaran program technopark ini. Wabup berharap, keberadaan technopark ini betul-betul dapat mendukung kemajuan pendidikan kejuruan di Kabupaten Dharmasraya, yang akan melahirkan lulusan lulusan yang terampil, mempunyai skill, dan siap bersaing di dunia kerja.

“Dan akan lebih baik lagi jika anak-anak kita ini mampu untuk membuka lapangan kerja sendiri nantinya,” tandas wabup.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan pelatihan dasar ketarunaan bagi para siswa sebagai bentuk pembinaan karakter dan melatih kekuatan fisik siswa.

Turut hadir dalam acara itu Staf Ahli Bidang Hukum, Masheri Yanda Boy, Sekretaris Dinas Pendidikan, Reno Lazuardi, Kepala SMK se Dharmasraya dan juga sejumlah tamu undangan lainnya. (Bambang)

Add Comment