Tentang Kami

 bac

sumbartoday.comPortal Berita Terkini Ranah Minang

Diterbitkan oleh   PT. SUMBAR BERITA MEDIA SIBER
Akte Notaris Desrizal Idrus Hakimi, SH No. 67 Tanggal 24  Oktober 2016
Pengesahan Menkumham : AHU-004774.AH.01.01 Tahun 2016

 Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berikut aneka perangkatnya membuat informasi melimpah ruah. Bagi pembaca, membanjirnya informasi tentu memudahkan mereka mendapatkan aneka hal yang dibutuhkan. Dari peristiwa yang tengah terjadi hingga pelbagai kebutuhan personal.

Namun, banjir informasi tentu bisa merepotkan. Karena informasi, apapun jenisnya, menyerbu tanpa ampun. Bisa dibayangkan betapa repotnya mengelola e-mail yang setiap hari menerima ratusan pesan? Atau serbuan tweet dari akun twitter yang juga tidak kalah banyaknya. Lagipula, tidak semua informasi itu dibutuhkan pembaca. Masing-masing pembaca memerlukan informasi berbeda.

Media, apapun bentuknya, lebih-lebih portal, harus bisa menyaring dan menyajikan berita sesuai kebutuhan pembaca. Pengelola harus melakukan otentifikasi dan verifikasi. Sebelum dibagikan kepada pembaca, pengelola harus memastikan berita tersebut benar adanya melalui serangkaian proses verifikasi.

Langkah berikutnya adalah kontekstualisasi. Agar mendapatkan perspektif yang benar, pengelola media juga harus menempatkan berita atau informasi dalam konteks yang tepat. Termasuk memberikan informasi yang lebih dalam. Agar pembaca tidak mendapatkan informasi yang salah atau misleading.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, sumbartoday.com, merupakan portal berita terkini dari ranah minang ini, berusaha di setiap hari, jam, menit dan detik menyajikan liputan yang didesain untuk mengangkat tema-tema khusus daerah Sumatera Barat yang sedang menjadi sorotan atau yang justru luput dari perhatian. Disajikan dengan renyah dalam pelbagai perspektif yang komplet, pembaca akan mendapatkan gambaran utuh tentang suatu masalah.

Kami juga ingin membangun dunia maya, sebagaimana asal mula Kata “cyberspace” (dari cybernetics dan space) berasal dan pertama kali diperkenalkan oleh penulis novel fiksi ilmiah, William Gibson dalam buku ceritanya, “Burning Chrome”, 1982 dan menjadi populer pada novel berikutnya, Neuromancer, 1984 yang menyebutkan bahwa:

“Cyberspace. A consensual hallucination experienced daily by billions of legitimate operators, in every nation, by children being taught mathematical concepts. A graphic representation of data abstracted from the banks of every computer in the human system. Unthinkable complexity. Lines of light ranged in the nonspace of the mind, clusters and constellations of data. Like city lights, receding”.

Selamat menikmati!

 

Redaksi / Head Office:
Jl. S. Parman No. 90 D  Lt. 2 Padang
Sumatera Barat – Indonesia
Email: redaksi@sumbartoday.com
Phone: +62 751 8970406
Faksimili: +62 751 8970406