Sungai Batang Sinamar Mengamuk, Ini akibatnya…..

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Tingginya curah hujan yang melanda kawasan Kabupaten Tanah Datar, beberapa waktu waktu terakhir, mengakibatkan meluapnya sungai Batang Sinamar, Minggu (04/11)

Dari pantauan sumbartoday.com dilapangan, sekitar pukul  14.00 WIB, air Batang Sinamar mulai meluap dan serta mengakibatkan rumah warga yang berada dipinggiran sungai ini, terendam banjir akibat luapan Batang Sinamar ini.

“Ini luapan sungai yang luar biasa akibat hujan deras yang melanda daerah ini. Sebelunya belum pernah terjadi luapan sebesar ini. Akibatnya rumah, sawah bahkan kolam ikan kami, terendam air akibat banjir luapan ini,” ucap Nurdin warga setempat, saat ditemui sumbartoday.com, Minggu (4/11)

Lebih lanjut dijelakannya, bahwa tidak saja luapan ini melanda kampung mereka, satu unit jembatan yang biasa digunakan warga Jorong Kampung Baru, Nagari Buo, tidak dapat digunakan akibat terendam banjir.

“Satu-satunya jembatan yang rutin kami gunakan, saat ini tidak dapat dilalui, karena terendam banjir. Sampai kapan surutnya air ini belum bisa dipastikan,” tutupnya.

Sementara itu luapan sungai Batang Sinamar  ini juga merendam Jorong Koto Gadang, Nagari Pangian, Jorong Tuangku Lareh, Nagari Tigo Jangko, Jorong  Aliran Sungai Jorong Taruko serta Tapian Rayo dan Jorong Tigo Tumpuak,  Nagari Taluak.

Sementara itu untuk menghindari terjadi nya korban jiwa dan juga bentuk antisipasi maka warga yang berada di pinggiran-pinggiran batang sinamar di instruksikan untuk sementara mengungsi ketempat-tempat yang lebih aman.

– Fitri Rahayu Loetan –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *