Sultan Muhammad Farid Thaib, Raja Alam Pagaruyuang yang Baru

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Prosesi penobatan dan malewakan gala Rajo Alam ini dilakukan terhadap Sultan M Farid Thaib Tuanku Abdul Fattah sebagai Daulat Yang Dipertuan (DYD) Rajo Alam Pagaruyuang setelah mangkatnya Sultan Muhammad Taufiq Thaib beberapa waktu yang lalu, berlangsung hikmad di Istano Silinduang Bulan, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (29/9)

Dengan mengangkat tema ‘Alek Balambang Urek’ (pesta berlambang akar-red), ‘Bundo Kanduang’ atau Yang  Dipertuan Gadih, bersepakat menunjuk raja baru yang memenuhi syarat diantara anak kemenakan nya, sebagai pengganti dalam prosesi ‘Mati Batungkek Budi’ (meninggal bertongkat budi-red)

Usai melaksanakan Musyawarah Limbago Tinggi Pucuak Adaik Alam Minangkabau di Istano Silinduang Bulan, maka di sepakatilah Sutan H. Dr. Muhammad Farid Thaib Tuanku Mudo Abdul Fatah sebagai Raja Alam MinangKabau Pagaruyuang Darul Qarar yang baru.

Menurut Fadlan Maalip Tuanku Bosa XIV Talu, selaku Ketua Pelaksana, bahwa pesta adat tersebut dihadir oleh raja-raja Nusantara yang tergabung dalam Majelis Agung Raja Sultan (Mars) Indonesia, termasuk Malaysia dan Brunai Darussalam.

“Selain raja dan sultan yang tergabung dalam Mars Indonesia, acara penobatan ini juga dihadiri oleh kerajaan kerabat Pagaruyuang,”jelasnya saat ditemui sumbartoday.com.

Penobatan raja Raja Pagaruyuang yang baru berjalan sangat lancar dan di saksikan oleh ribuan pasang mata yang ingin ikut serta mengabadikan prosesi yang termasuk langka ini.

Pesta budaya Penobatan Sultan H. Dr. Muhammad Farid Thaib Tuanku Mudo Abdul Fatah, Raja Alam Minangkabau Pagaruyung ini, akan dilaksanakan selama tujuh hari tujuh malam seperti yang sudah disepakati,” ucap Fadlan.

Tampak hadir dalam prosesi tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmisi, berserta Forkopinda, Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas serta jajaran Kodim 0307 Tanah Datar.

– Fitri Rahayu Loetan –

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *