Suku Piliang Rumah Gadang Nan Salapan, Berikan Gelar Datuak Sani Guri kepada Novrizal

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Prosesi pengangkatan datuak atau ‘batagak penghulu’ yang digelar  Kenagarian Padang Lua III Koto, Kabupaten Tanah Datar, berlangsung hikmat dan meriah. Ratusan warga serta ninik mamak dari Suku Piliang, Rumah Gadang Nan Salapan, turut serta mengiringi prosesi adat yang sudah jarang ditemukan, Sabtu (10/11)

Tidak hanya itu para perantau nagari ini sengaja pulang ke kampung mereka hanya  untuk mengikuti jalannya gelaran adat yang sakral bagi suatu kaum di Minangkabau.

Suku piliang, dari keturunan Rumah Gadang Nan Salapan menyerahkan gelar Datuak kepada Novrizal yang merupakan anak bungsu dari pasangan bapak taswir dan ibu jasniwati. Gelar yang di berikan yaitu Datuak Sani Guri.

Yang menarik dalam prosesi batagak penghulu hari ini, Novrizal merupakan datuak termuda bagi kaum nya yang masih berumur 20 tahun dan masih menjalani pendidikan sebagai mahasiwa di politeknik negeri padang.

Namun melalui rapat adat, yang di hadiri langsung oleh ninik mamak suku piliang, dan dengan segala pertimbangan serta hal-hal yang di anggap pantas maka di berikan lah gelar Datuak Sani Guri kepada Novrizal sebagai anak kemenakan yang mengantikan datuak sani guri sebelum nya yang sudah mangkat (meninggal)

Ditemui sumbartoday.com, setelah prosesi adat selesai, Datuak Sani Guri,  yang baru mengatakan bahwea dirinya merasa sangat terhomat atas gelar yang dipercayakan kepadanya.

“Dengan ini saya akan lebih menjaga sikap dan juga menjaga gelar datuak yang sudah di berikan kepada saya. Saya berharap saya dapat menjadi contoh yang baik bagi generasi muda terutama bagi kaum saya suku piliang” ujar nya.

– Fitri Rahayu Loetan –

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *