Polhut Sumbar, Sita 15 Kubik Kayu Ilegal Loging

oleh -383 views

Padang, Sumbartoday.com
Jajaran Polisi Kehutanan Provinsi Sumbar, kembali berhasil mengamankan kayu-kayu glondongan yang tidak bertuan dikawasan hutan lindung, Kelurahan Sungai Pisang, Kecamatan Teluk Kabung, Kota Padang, Rabu (27/2)

Menurut Hendra Bakti Purta, Komandan tim dari Polisi Hutan yang menemukan kayu tesebut, menjelaskan bahwa sebelumnya pihak kehutanan mendapatkan informasi dari masyarakat atas maraknya penebangan liar atau ilegal loging dikawasan tersebut.

“Ini merupakan kawasan hutan lindung, jadi sangat dilarang adanya penebangan pohon-pohon. Dari informasi yang kami terima, sudah banyak kayu-kayu akibat ilegal loging ini yang dibawa keluar, tentunya ini sudah melanggar dan harus diproses,” tegas Hendra saat ditemui sumbartoday.com, Rabu (27/2)

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa pihaknya hanya behasil mengamankan 15 kubik kayu-kayu yang diduga ilegal tanpa ada dokumen resmi.

“Masih banyak lagi kayu-kayu ini kami temukan diatas bukit, namun karena terbatasnya peralatan dan kendaraan yang kami miliki, maka kami hanya bisa membawa kayu-kayu yang dibawah bukit saja,” sambungnya.

Ia juga menambahkan bahwa dari hasil temuan saat ini, pihaknya akan meningkatkan patroli dikawasan tersebut, sehingga kegiatan ilegal loging dapat ditekan.

“Temuan ini merupakan bukti bagi kami, bahwa maraknya ilegal login dikawasan Sungai Pisang ini, tentunya dari dari Polisi kehutanan akan lebih waspada dan meningkatkan Patroli, kapan perlu kami akan mendirikan pos pengawasan didaerah sini,” ucap Hendri.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, Yozarwardi, mengapreasi atas temuan dari kayu-kayu ilegal tesebut. Menurutnya peran dari masyarakat akan informasi ilegal loging menjadi sangat penting untuk penindakan selanjutnya.

“Tentunya kerjasama dari berbagai pihak, baik instansi terkait, masyarakat serta media, sangatlah kami harapkan. Untuk itu semua kami memberikan apresiasi atas ini semua,” tutupnya.

15 Kubik kayu termuan tersebut dibawake gudang UPTD KP HI Bukit Barisan, dikawasan Cengkeh Kota Padang. 

– Junaidi –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *