Pertama di Indonesia, Kajari Tanah Datar Resmikan Pogram Jaksa Masuk Pasar

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Inovasi cemerlang Kajari Tanah Datar,M. Fatria, dalam program Jaksa Masuk Pasar, mendapatkan  apresiasi luar biasa dikalanganmasyarakat.  Bertepatan dengan hari pasar besar Kota Batusangkar, Kamis (13/9) program ini resmi diluncurkan dan dilaksanakan.

“Ini merupakan program terbaru kami yang  baru pertama kali dan satu-satunya dilakukan di Indonesia. Untu itu melalui program ini, kami menghimbatu kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak ragu bertanya masalah-masalah hukum dan seputar kejaksaan,” terang M. Fatria yang turun langsung dalam program Jaksa Masuk Pasar perdana ini.

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan akan terus dilaksanakan setiap minggunya pada hari kamis, agar masyarakat dapat berkonsultasi secara terbuka saat aktivitas pasar langsung.

“Kegiatan ini juga bertujuan menghapus pandangan masyarakat tentang kejaksaan yang  merupakan  tempat menyeramkan. Tentu saja pandangan ini harus dirobah dan dihapus. Disamping memberikan edukasi masalah hukum, kami juga melayani pembayaran denda tilang serta pengambilan barang bukti tilang tanpa harus kekantor kejaksaan lagi.

“Disamping itu kami juga melakukan perubahan-perubahan dilingkungan kantor, sehingga siapapun yang datang membutuhkan pelayanan kekantor akan merasa lebih nyaman dan jauh dari kesan menakutkan,” tutup M. Fatria.

Sementara itu ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra yang turut hadir pada peresmian Jaksa Masuk Pasar tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi atas ide cemerlang Kajari Tanah Datar.

“Selaku lembaga perwakilan rakyat, tentunya apresiasi yang sangat tinggi sepantasnya kami berikan kepada Kajari bersama jajarannya. Dengan program ini, tentunya masyarakat akan semakin paham bagaimana hukum itu sesungguhnya,” ujar Anton.

Senada dengan Ketua DPRD, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, juga menjelaskan bahwa masyarakat kabupaten Tanah Datar harus merasa bangga, bahagia dan beruntung dengan ada nya  kegiatan Jaksa Masuk Pasar ini.

“Bangga karena inovasi pelayanan yang diberikan oleh kajari bersama jajarannya menjadi percontohan. Setidaknya ada 414 kejaksaan di 34 provinsi di negeri ini, namun satu-satunya hanya ada di Tanah Datar jaksa masuk pasar. Dan hal ini sangat luar biasa,” ucap Zuldafri Darma.

Peresmian Jaksa Masuk Pasar, dilakukan perdana hari Kamis, (13/) yang dipimpin langsung Kajari M.Fatria dan dihadiri Ketua DPRD, Anton Yondra, wakil bupat  Zuldafri Darma serta Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kadis Koperindaktam Marwan serta beberapa kepala  OPD. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kejaksaan Negeri dengan dinas Koperindag Kabupaten Tanah Datar.

– Fitri Rahayu Loetan –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *