Peringati HUT Dharmasraya, Forikan Sediakan 15 Ribu Tusuk Sate Ikan Nila

oleh

Dharmasraya, Sumbartoday.com
Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska mengatakan, dalam rangka mendukung penyelenggaraan festival makan sate ikan nila yang akan digelar terkait perayaan ulang tahun Kabupaten Dharmasraya ke 15, pihaknya siap menyediakan 15 ribu tusuk sate ikan nila.

“Kami akan bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Perikanan, Camat, TP PKK, Walinagari, TP PKK Kecamatan dan Nagari untuk secara bersama menyediakan 15 ribu tusuk sate ikan nila, lengkap dengan kuahnya,” ujar isteri Bupati Sutan Riska belum lama ini. Sebagai Kerua Forikan, Ny. Dewi akan berusaha sekuat tenaga untuk menyediakan sate ikan guna keperluan festival yang baru pertama diadakan di Kabupaten Dharmasraya.

Menurut Dewi, dalam rangka menyediakan sate ikan sebanyak 15 ribu tusuk, pihaknya akan menggelar lomba pembuatan sate ikan nila antar nagari. Tiap tiap nagari dalam hal ini TP PKK Nagari wajib ikut lomba membuat sate ikan.

Masing masing peserta wajib menyajikan 300 tusuk sate plus beberapa tusuk untuk keperluan penilaian. Dengan demikian jumlah sate yang terkumpul 15 ribu tusuk lebih. “52 nagari kali 300 tusuk, jumlahnya kan 15.600 tusuk,” kata ibu dua putra tersebut.

Untuk mengikuti lomba membuat sate ikan nila, TP PKK Nagari akan diberi pelatihan selama satu hari. Kemudian untuk biaya mengikuti lomba, masing masing TP PKK Nagari diberi dana pengganti bahan. “Jumlahnya lumayan dan dinilai cukup untuk biaya membuat 300 tusuk sate. Ibu ibu PKK tinggal menambah sedikit biaya sebagai bentuk partisipasi,” imbuh jebolan sarjana kebidanan ini.

Dengan melibatkan TP PKK nagari se Kabupaten Dharmasraya, maka festival makan sate ikan nila yang diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun kabupaten ke 15, benar benar bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. “Ini kan hari jadi kabupaten kita, maka kita memberi kesempatan kepada seluruh warga untuk ikut memeriahkannya, caranya ya dengan ikut serta dalam lomba membuat sate ikan dan ikut menyaksikan festivalnya,” kata Dewi.

– Bambang Suprapto –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *