Pengabdian Tanpa Batas Satgas TMMD

oleh -146 views

Padang Pariaman, Sumbartoday.com
Tahun ini Kodim 0308/Pariaman yang berada di bawah Komando Resor Militer 032/Wbr, Kodam I/Bukit Barisan diberi kehormatan untuk menyelenggarakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di Korong Bukik Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu(9/3).

Kedekatan dan keakraban TNI dengan rakyat tidak perlu diragukan lagi, begitu juga dengan seorang anggota Satgas TMMD yang diantaranya salah satu perwira seksi teritorial Kapten lnf Syamsuwarno sebagi pengawas kegiatan dalam pelaksanaan TMMD ke 104 Kodim 0308/Pariaman.

Dimana tugas dan tanggungjawab Perwira pengawas kegiatan TMMD, tidak hanya terfokus pada pendampingan karya bakti saja,namun Kapten lnf Syamsuarno juga dituntut mampu berkomunikasi sosial seperti menyelesaikan persoalan masyarakat dan menjadi penghibur di kala masyarakat sedang bersusah hati, tidak terkecuali anak kecil sekalipun.

Seperti yang dilakukan oleh Kapten lnf Syamsuwarno, Pengawas pelaksanaan kegiatan TMMD ke 104 Kodim 0308/Pariaman, hari libur bukan berarti bersantai-santai, Sore itu ketika hujan lebat sekali dan perutpun terasa keroncongan di Posko Satgas TMMD Kapten lnf Syamsuwarno tergugah hatinya
melihat anak kecil sedang main hujan dan langsung menyuruhnya untuk masuk ketenda Posko TMMD untuk mengajaknya makan sate bersama dengan senang hati anak tersebut yang bernama sadikin (9) masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kampung pisang.

Lantas, seketika Syamsuwarno menghampiri anak itu kemudian memegangi kedua pundak anak kecil yang bernama Sadikin (9) itu, seperti layaknya seorang bapak Kepada anaknya. Semakin terasa keakraban diantara mereka, hal itu dapat terlihat dari bahasa tubuh Sadikin (9) yang nyaman berada di dekat sang Prajurit.

Begitu lahapnya sadikin menikmati makan sate bersama Pasi ter Kodim 0308/Pariaman Seperti ayah kandung sendiri yang duduk sendirian. Dengan kepolosannya anak kecil itu mengatakan, “Om Tentara, lagi apa”, ucapnya.

Disamping itu Kapten Inf Syamsuwarno langsung mengajak makan sate bersama. Begitu lahapnya Sadikin menikmatinya.

Kapten lnf Syamsuwarno mengatakan, ia bangga bisa bermain, sambil bercerita tentang kepahlawanan kepada anak-anak di Korong Bukik Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir.

“Kita harus sayang dengan anak-anak kecil, mereka itu masih polos,ibarat kertas masih putih tinggal kita yang akan menulisinya dengan tinta hitam, merah ataupun tinta emas. Anak itu calon generasi kita yang wajib mendapat bimbingan lebih dari kita”, ujarnya.

-Yenni Laura-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *