Pemkab Dharmasraya Rapat Evaluasi LPPD

oleh -411 views

Dharmasraya, Sumbartoday.com
Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berkomitmen mempertahankan nilai Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) sebagai yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat, sebagaimana yang telah dicapai pada tahun lalu. Untuk itu, penyempurnaan atas penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Jum’at (15/3).

Seperti yang dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati Dharmasraya, pemerintah daerah melalui Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah (PemdanOtda) kembali menggelar rapat, yang kali ini bertujuan untuk mengevaluasi penyusunan LPPD yang telah dilaksanakan. Hal ini juga mengingat deadline pelaporan LPPD ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga semakin dekat, yakni tanggal 29 Maret 2019.

Rapat yang diikuti segenap Kepala Perangkat Daerah dan tim penyusun LPPD di masing-masing OPD ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman. Serta menghadirkan tim evaluator EKPPD dari Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Qodri.

Sekda dalam kesempatan itu menyampaikan, kendati semua data yang dibutuhkan dalam penyusunan LPPD dapat dikatakan telah dilengkapi oleh masing-masing OPD, namun masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan. Karena masih terdapat beberapa indikator yang capaian kinerjanya tidak optimal. Hal ini boleh jadi dikarenakan oleh kesalahan penginputan data oleh tim, kekeliruan penyajian data, atau mungkin hal lainnya, sehingga perlu direview kembali secara bersama.

“Setiap OPD agar juga mengkroscek kembali data yang diberikan. Berikan data yang betul-betul berkualitas, valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Artinya , data yang akan dituangkan ke dalam LPPD ini benar benar sesuai dengan kondisi riil di lapangan,” pungkas Sekda.

Dalam hal ini, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, juga turut hadiri langsung dalam kesempatan rapat untuk memberikan sejumlah penekanan kepada seluruh OPD demi penyempurnaan penyusunan LPPD.

“Mempertahankan nilai LPPD ini butuh komitmen dan kerjasama seluruh OPD. Bukankah buah komitmen dan kerjasama ini telah kita buktikan, dengan berhasilnya LPPD Dharmasraya menempati posisi terbaik pertama di Sumatera Barat pada tahun lalu, dari yang dulunya pernah berada di peringkat 17. Maka dari itu, saya juga yakin, jika kita semua tetap berkomitmen dan bekerjasama, nilai LPPD ini dapat kita pertahankan, sebagai wujud keseriusan kita dalam menyelenggarakan pemerintahan,” tukas bupati.

Untuk itu, bupati meminta semua OPD agar sesegeranya melengkapi hal-hal yang masih dibutuhkan untuk penyusunan LPPD tahun 2018.

“Kenapa harus menunggu batas akhir waktu, jika kita bias menuntaskannya
sebelum itu,” tegas bupati.

-Bambang Suprapto-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *