Pemkab Dharmasraya, Bentuk Forum Pengambangan Ekonomi

oleh

Dharmasraya, Sumbartoday.com
Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Bagian Perekonomian dan SDA menggelar rapat pembentukan Forum Pengembangan Ekonomi Daerah (FPED) Kabupaten Dharmasraya, bertempat di Auditorium Dharmasraya, Kamis (18/10).

Rapat yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah, Adlisman, tersebut menghadirkan Kepala Bagian Bina Kelembagaan Ekonomi (Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar) sebagai narasumber.

Sekda dalam kesempatan itu menyampaikan, menindaklanjuti edaran Menteri Dalam Negeri perihal pedoman umum pengembangan kelembagaan ekonomi daerah, maka perlu dibentuk FPED Kabupaten Dharmasraya.

FPED ini, sebut Sekda, mempunyai tanggungjawab sosial dalam memfasilitasi, memotivasi dan mendinamisasi aktivitas ekonomi daerah agar bermanfaat. “Intinya adalah bagaimana memajukan ekonomi daerah,” ujar Sekda.

Seiring dengan perkembangan Kabupaten Dharmasraya, lanjut Sekda, FPED dipandang perlu dibentuk sehingga arah pengembangan ekonomi daerah lebih terarah karena melibatkan berbagai stakeholder yang memperkaya sumbang saran untuk perkembangan perekonomian.

“Diharapkan FPED yang akan dibentuk ini tidak sekedar memenuhi tuntutan program dari pihak eksternal, dalam hal ini pemerintah pusat. Untuk itu diharapkan, pembentukan FPED tidak hanya berhenti sampai disini. Tapi harus ada aktivitas-aktivitas selanjutnya, yang dapat memberikan stimulasi atas penguatan dan ketahanan ekonomi,” tandas Sekda.

Adapun, selain unsur pemerintahan, rapat pembentukan FPED ini juga turut melibatkan pimpinan perguruan tinggi, pimpinan perbankan, wali nagari dan stakeholder lainnya.

– Bambang Suprapto –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *