Pembangunan Pos Kamling Lintas Nagari, di Sungai Kambut Pulau Punjung

SUMBARTODAY.COM, DHARMASRAYA – Guna terciptanya keamanan dan ketertiban lingkungan Kepala Jorong Pulau Sangik, Charles Novrizal gagas Pos Kamling Lintas Nagari. Pos Kamling Lintas Nagari itu dibangun secara bersama sama antara dua jorong yaitu Jorong Pulau Sangik Kenagarian Sungai Kambut Kecamatan Pulau Punjung dengan Jorong Pulau Anjolai Kenagarian Koto Nan IV Dibawuah Kecamatan IX Koto.

“Untuk pelaksanaan rondanya di pos Kamling tersebut nantinya akan dilakukan secara bersama sama juga oleh warga dua jorong yang berbatasan, yaitu warga Jorong Pulau Sangik dan warga Jorong Pulau Anjolai, ” ucap Charles.

“Ide tersebut kami buat agar terjalinnya hubungan silahturahmi yang harmonis antara warga dua jorong dari dua Nagari dan dua kecamatan dan juga sebegai bentuk saling kerja sama dan saling peduli terhadap ancaman kejahatan yang terjadi dilingkungan dua jorong.” sambung Charles.

Pos Kamling Lintas Nagari antar dua jorong dibangun pada 10 Mei 2018 dan ronda bersama pada 15 Mei 2018 merupakan pos kamling yang patut dijadikan contoh buat nagari lainnya dalam menjaga keamanan lingkungan terhadap ancaman kejahatan yang sewaktu waktu bisa terjadi.

“Selanjutanya kami akan berkordinasi juga dengan nagari nagari lain sekitarnya dalam hal kordinasi komunikasi terhadap kejahatan yang terjadi untuk penanggulangan kejahatan yang terjadi,” tambah Charles.

Gagasan dibangunnya Pos Kamling Lintas Nagari menurut Charles dibangun mengingat jalur lalu lintas antar nagari yang sejalur dan saling berhubungan dengan berbagai nagari sekitar.

Nagari yang jalan lalu lintasnya saling berkaitan dengan jorong Pulau Sangik adalah Jorong Pulau Anjolai Kenagarian Koto Nan IV Dibawuah, Jorong Sungai Kilangan, Jorong Ampang Kamang Kenagarian Sungai Dareh di Kabupaten Dharmasraya dan Jorong Kampung Baru serta Jorong koto lamo Kenagarian Lubuk Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan.

“Mudah mudahan nantinya kerjasama dalam menjaga lingkungan antar jorong/nagari dilingkungan Kabuapaten Dharmasraya maupun dengan jorong/nagari dengan kabupten Solok Selatan ini bisa nanti bisa terealisasi semuanya.” Harapan Charles dalam bincang bincang seputar gagasannya dalam menjaga keaman lingkungan. (Bambang/Iwan).

Add Comment