Pagelaran Akbar Tahunan Di Tanah Datar kembali diselengarakan

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Pagelaran akbar yang merupakan salah satu agenda tahunan Tanah datar kembali diselengarakan, Pembukaan Festival budaya minang kabau hari ini yang di laksanakan di pelatara Istano Basa Pagaruyung berhasil memukau mata ribuan penonton yang tidak hanya datang dari tanah Minang, namun juga datang dari negeri tetangga Malaysia dan Singapur, selain itu acara ini juga di hadiri Raja-raja dari beragam daerah yang ada di nusantara, Rabu (28/11)

Rangkaian Pertunjukan di Festival budaya Minang Kabau (FBMK) yang langsung di buka oleh Gubernur Irwan Prayitno membuat para penonton berdecak kagum dengan ke arifan lokal yang ada di tanah datar, ini juga di buktikan dengan antusias nya para tamu undangan serta juga para masyarakat yang ikut menyaksikan jalan nya acara pembukaan FBMK hari.

Tidak hanya itu selain suguhan tari-tarian tradisional FBMK juga menghelat sekaligus Festival Kraton nusantara yang di hadiri oleh 32 kerajaan, di antara nya di hadiri oleh Keraton Kacirebonan dari cirebon, keraton Palelawan-riau, Keraton Sumedang Larang. Dan puluhan kerajaan lain nya yang langsung datang dari negeri masing-masing untuk mengikuti acara tersebut.

Para tamu undangan hari ini juga di jamu dengan kegiatan “Makan Bajamba” yang juga sekaligus memperkenalkan masakan-masakan tradisional yang ada di ranah minang, Makanan yang di suguhkan berasal dari 75 nagari yang ada di Tanah Datar dan di arak oleh para bundo dalam acara parade Makanan Khas nagari sebelum di hidangkan. Ada 1000 lebih peserta yang ikut dalam parade tersebut.

Bupati tanah datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutan nya mengucapkan terimakasih, dan juga selamat datang di tanah datar ranah minang kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

“Selamat datang di Tanah datar ranah minang tacinto semoga para tamu undangan yang hadir dapat menikmati acara-acara yang kami suguhkan, ujarnya.

Festival pesona budaya Minang kabau merupakan 100 event yang termasuk dalam Wonderful indonesia dimana sejak tahun 2017 sudah masuk ke dalam kategori, dan langsung di akui oleh menteri pariwisata sebagai salah satu Festival terbaik yang ada di indonesia.

-Fitri Rahayu Loetan-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *