Markoni Kotto: Tidak ada yang Kebal Hukum di Indonesia ini

oleh -333 views

Jakarta, Sumbartoday.com
Tidak satupun warga negara di Indonesia ini yang kebal akan hukum, baik itu pejabat, pengusaha, aparat penegak hukum, pengacara bahkan jurnalis sekalipun jika sudah bersentuhan dengan hukum. Semua sama dimata hukum,” tegas Ketum Pekat-IB ini.

Demikian yang ditegaskan Ketua Umum Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat-IB), Markoni Kotto menanggapi soal pemberitaan vonis hukuman 1 tahun yang dijatuhi oleh hakim pengadilan negeri Padang terhadap Pimpinan Umum dan Penanggung Jawab Surat Kabar Jejak News dalam kasus pencemaran nama baik terhadap Ketua DPW Pekat-IB Sumbar.

Markoni juga menjelaskan bahwa banyaknya oknum-oknum yang terlibat masalah hukum dan menjadi bagian dari kekuasaan serta rezim, tentunya tidak serta merta mendapat keistimewaan dimata hukum.

“Hukum itu adalah panglima di negara kita, jadi tidak ada istilah kedekatan ataupun bagian dari kekuasaan, sehingga hukum hanya akan dijadikan simbol dari kelompok tertentu. Begitupun kepada jurnalis, walaupun menjadi pilar keempat, jika melakukan hal-hal yang melanggar norma-norma hukum, tentunya tetap diproses secara hukum. Untuk itu tidak ada yang aneh jika banyak kalangan menilai keputusan hukum terhadap sidang jurnalis yang besentuhan dengan hukum,” terang Markoni, yang juga Calon Legislatif DPR RI nomor urut 5 dari daerah pemilihan Jakarta Timur ini.

Ia juga menegaskan bahwa sebagai ormas yang mengacu terhadap masalah sosial budaya dalam masyarakat di Indonesia, Pekat-IB merasa punya kewajiban untuk mengedukasi masyarakat, bagaimana sesungguhnya hukum itu dijalankan.

“Sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk mengedukasi masyarakat tentang hukum di negara kita ini, agar pemahamannya tidak terjebak dalam pattern yang sempit. Namun, jika hukum dijadikan alat oleh seseorang ataupun sekolompok orang yang dekat dengan kekuasaan, maka kami Pekat IB, akan menjadi penghancur dari permainan hukum tersebut,” tutup Putra Minang tersebut.

– Budi Adrian –

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *