Laporan Manajer Klub Terkait Kasus Mafia Bola Naik ke Tingkat Penyidikan

oleh -442 views

Jakarta, Sumbartoday.com
Laporan dari manajer klub sepakbola, LI, terkait dugaan pengaturan skor naik ke tingkat penyidikan. LI sebelumnya membuat laporan polisi terkait adanya sejumlah pihak yang meminta uang agar salah satu tim bisa naik dari Liga 3 ke Liga 2.

“Setelah dilakukan klarifikasi terhadap saksi-saksi, dan setelah dilaksanakan mekanisme gelar perkara maka pada tanggal 24 Desember 2018 telah dinaikkan ke PENYIDIKAN,” kata Ketua Tim Media Satgas Anti Mafia Bola, Kombes Argo Yuwono, dalam keterangannya, Rabu (26/12)

Laporan LI itu teregister dengan nomor LP/6990/XII/2018/PMJ/DITRESKRIMUM, tanggal 19 Desember 2018, Tentang Dugaan Tindak Pidana Penipuan dan Atau Penggelapan dan atau Tindak Pidana Suap dan atau Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau UU RI No.11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan atau pasal 3, 4, 5, UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Terlapor dalam kasus ini adalah PY dan AYA dkk.

Sebelumnya, Argo mengatakan pihaknya menerima laporan dari LI soal permintaan duit untuk mengatur skor pertandingan. Pelapor yang merupakan manajer klub di Jawa Tengah itu juga mengaku diminta duit agar klub naik kasta.

“Pertama, kegiatan sepakbola U-16 wanita, dia mengeluarkan biaya akomodasi Rp 400 juta. Kedua, pemenangan sepakbola di tingkat provinsi, yang bersangkutan juga diminta Rp 175 juta agar dia bisa menjadi juara di tingkat provinsi. Ketiga, dia diminta Rp 50 juta, dia dijanjikan akan timnya itu di Liga 3 untuk naik peringkat ke Liga 2, itu laporannya ya,” ucap Argo, Sabtu (22/12).

Namun Argo tak menjelaskan pertandingan apa yang diatur. Dia mengatakan tim sudah bergerak ke sejumlah daerah untuk meminta keterangan saksi.

“Beberapa masyarakat sudah menyampaikan info berkaitan dengan adanya pengaturan skor di beberapa pertandingan yang tidak bisa kami sebutkan pertandingan apa saja,” ucap Argo.

– sumber:detik.com –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *