Jalan Provinsi Palembayan Kabupaten Agam, Kian Menghantui Warga

oleh
Kondisi Jalan di Kecamatan Palembayan yang rusak Parah

Agam, Sumbartoday.com
Tak kunjung mendapat perhatian pemerintah, jalan provinsi di Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, yang kondisinya saat ini kian parah serta memprihatinkan, bahkan sering terjadi kecelakaan dan  sudah memakan korbah ini, menambah panjang penderitaan warga setempat.

Menurut Rahmat Hidayat Sekretaris Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP), menjelaskan bahwa warga di Kecamatan Palembayan, bahkan pengguna jalan dikawasan ini, sering mengalami kecelakaan akibat kondisi jalan yang sudah tidak layak dan dipenuhi lobang disetiap bahu jalan.

“Badan jalan ini dipenuhi lobang, mulai dari Tantaman sampai ke Simpang Alang Nangang, Kabupaten Agam. Pada saat hujan turun, lobang-lobang ini tertutup air, sehingga pengendara yang melewati jalur ini sering mengalami kecelakaan dan terperosok kedalam lobang yang dalamnya mencapai 30 cm,” jelas Rahmad saat ditemui sumbartoday.com, Kamis (11/10)

Ia juga menjelaskan bahwa tidak adanya tanggapan dari pemerintah, membuat warga pasrah dan berusaha menutupi lobang dengan  swadaya apa adanya.

“Kami sudah sering melaporkan hal ini kepada pemerintah setempat, namun hingga saat ini, tidak satupun tanggapan yang kami dapatkan, bahkan banyak dari masyarakat disini merasa pesimis akan perbaikan jalan tersebut. Demi kemanusian, kami dari GPPKP berusaha melakukan perbaikan dengan cara menambal dan menutup lobang menggunakan material seadanya,” ucap Rahmat.

Ia juga  menambahkan, partisipasi untuk menutupi jalan berlobang dari masyarakat sudah lama dan sering di lakukan oleh masyarakat setempat baik membersihakan saluran air maupun menutupi badan jalan yang berlobang dan di genangi air.

“Beberapa hari lalu juga terjadi kecelakaan yang menyebabkan seorang pengendara sepeda motor terpelosok dan jatuh, sebab korban tidak mengetahui bahwa ada lobang di badan jalan tersebut, semetara itu ada truk yang rodanya terperangkap didalam lobang tersebut,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Umum GPPKP juga menegaskan bahwa pihaknya sudah sering meminta kepada anggota DPRD Agam Daerah Pemilihan II, sebagai penyambung aspirasi, agar berteriak lantang kepada ke DPRD Sumbar, dan meminta Bupati Agam Indra Catri untuk segera melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumbar karena jalan ini adalah tanggung jawab pemerintah provinsi.

“Jalan ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi, sebagai masyarakat kami sudah meminta DPRD Kabupaten Agam dan Bupati, agar mendesak pemerintah provinsi melalui DPRD Sumbar, secepatnya memperbaiki jalan di kecamatan Palembayan ini,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan PU Provinsi Sumbar, Dedi Rinaldi, menjelaskan bahwa perbaikan jalan tesebut sudah dilakukan, namun masih sepanjang 1 km.

“Pada tahun 2019 nanti, perbaikan serta pembangunan jalan dikecamatan Palembayan ini akan kita lanjutkan,” terang Dedi, melalui selulernya kepada sumbartoday.com, Kamis (11/10)

– Rusman Hakim –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *