Hilang Kontak, Akhirnya KM Harapan Bersama ini…..

SUMBARTODAY.COM, PADANG – Dikabarkan hilang kontak KM Harapan Bersama, yang membawa manau dan kopra ini, akhinya ditemukan di sekitar Perairan Pulau Pandan, Kamis (10/5).

Pemilik kapal Andreas yang kehilangan kontak dengan kapalnya melaporkan hal kehilangan kapal tersebut ke pihak SAR. “Seharusnya Kapal ini sudah sampai pukul 22.00 WIB malam ini, tapi kapal yang kunjung datang dan saya kehilangan kontak,” jelas Andreas saat dihubungi sumbartoday.com

Sementara itu Akmal, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Kepulauan Mentawai, menjelaskan bahwa saat mendapatkan informasi kehilangan dari pemilik kapal langsung turun tangan dengan melibatkan Basarnas, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai, Navigasi, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Syahbandar dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim langsung melakukan pencarian.

“Kita mendapat informasi bahwa KM Harapan Bersama yang hilang kontak ditemukan oleh KM Mentawai Indah, sekitar pukul 8.00 WIB dengan ABK dalam kondisi selamat. Dari keterangan Kapten Kapal bahwa kapalnya mengalami mati mesin sehingga alat komunikasipun tidak dapat dipergunakan,” jelas Akmal

Ia juga menjelaskan bahwa operasi pencarian, tim SAR gabungan menerjunkan 2 kapal pencari yang terdiri dari KN SAR Ramawijaya 240 milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Kepulauan Mentawai dan KN SAR Yudhistira 227 kepunyaan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang serta turut dibantu oleh pemilik KM Harapan Bersama dengan mengerahkan dua unit kapal, KM Eva dan KM Mentawai Indah.

“Kita sudah melakukan pencarian lebih kurang tiga hari sejak KM Harapan Bersama dilaporkan hilang oleh pemiliknya. Kontak terakhir antara pemilik ABK dilakukan 5 jam sejak mulai berlayar pada Senin lalu.  Biasanya yang kapal yang berangkat pukul 09.00 WIB tersebut harusnya sudah sampai di Muaro Padang pada pukul 22.00 WIB pada hari yang sama,” ucapnya. (Deddy)

 

Add Comment