Hebat, Kincir Air Raksasa Ternyata Juga Ada di Kabupaten Tanah Datar

Category: Budpar 53 0
img_2040
Kincir air Raksasa berdiameter 4 meter, yang terletak di Nagari Simawang Kabupaten Tanah Datar (Adi Prrima/sumbartoday.com)

TANAH DATAR, SUMBARTODAY – Kincir air Raksasa berdiameter 14 M, yang terletak di Simawan Tanah Datar, akhir-akhir ini menjadi trending topik di media sosial.

Adalah Anwar (44), perantau sukses, yang miris melihat keadaan kampung halamannya yang selalu kekurangan air, apalagi untuk mushalla. Atas dasar itulah Anwar ide pembuatan kincir air raksasa ini dibuat. “Awalnya kincir air ini digunakan untuk mengairi mushalla dan sawah warga sekitar, maklumlah di Jorong ini air agak susah. Pak Anwar yang merupakan perantau sukses yang sangat peduli dengan kampung halaman, memberikan ide serta mendukung penuh dana pembangunan kincir air tersebut guna kepentingan warga nagari simawang ini,” jelas Anto warga setempat yang terlibat dalam pembuatan kincir air raksasa.

Berawal dari ide tersebut, ternyata kincir air raksasa ini menjadi salah satu distinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar. Dari aktivitas wisatawan yang mengabadikan kincir air ini, maka tersebarlah kedunia maya hingga para wisatawan dalam dan luar negeri menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata mereka.

Masyarakat  Jorong Padang Data, Nagari Simawang, Kec Balimbiang, Kabupaten Tanah Datar, dimana tempat dimana kincir air raksasa ini berada, sempat kewalahan menyambut pengunjung yang ingin melihat kincir air raksasa secara langsung, sebab awalnya kincir ini dibuat bukanlah untuk tempat wisata, namun untuk kepengtingan warga, sehingga pengelolaan tempat ini masih konvensional dan terkesan apa adanya.

Baca : Tubing Rafting, Andalan Wisata Nagari Simawang Tanah Datar

Puncak pengunjung pada akhir tahun 2016 lalu. Ribuan wisatawan datang kelokasi ini, hanya untuk menyaksikan langusung serta berselfie ria dengan kincir air raksasa tersebut. Guna mengantisipasi keramaian tersebut, pihak nagaripun mengerahkan seluruh warga jorong, khususnya laki-laki, untuk menjaga keamanan serta kenyamanan pengunjung didaerah tersebut.

“Bagi pengunjung kincir air kami layani dari pukul 08.00 – 18.00. Alhamdullillah, dengan adanya objek wisata baru ini, kami selaku warga merasa bangga serta dapat meningkatkan perekonomian kami dengan berjualan serta mengelola wisata ini dengan seluruh komponen warga nagari Simawang, khususnya jorong Padang Data ini,  jelas Ramli (49), wali Jorong Padang Data kepada sumbartoday.com.

Disamping wisata kincir air raksasa, para wisatawan juga dapat menikmati olahraga air  tubing rafting, yang juga menjadi primadona wisata di Nagari Simawang Kabupaten Tanah Datar, (Adi)

Related Articles

Add Comment

%d blogger menyukai ini: