Hadapi Perkembanan Zaman, Polres Tanah Datar Terapkan Teknologi Informasi

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Demi mewujudkan pemerintahan efektif, efisien dan pelayanan publik yang berkualitas serta untuk menjawab kemajuan zaman khususnya di bidang teknologi informasi, jajaran Polres Tanah Datar di  awah pimpinan AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas, S.H,  merespon dan  melakukan inovasi yang mengusung semangat peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat. Kamis (20/09)

Untuk menunjang pelayanan yang prima bagi masyarakat tersebut,  polres tanah datar mengikuti Perkembangan Teknologi Informasi yang sudah mencapai hampir di seluruh aspek kehidupan masyarakat. Teknologi Informasi yang telah dan akan diterapkan oleh Polres Tanah Datar diantara lain adalah aplikasi Polisi Badunsanak, interfacing antara android HP dengan radio komunikasi polisi, camera cctv (surveillance camera) terintegrasi, alarm senyap dan alarm video call, yang mana semua aplikasi dan perangkat tersebut terintegrasi dan di kontrol di ruangan command center Polres Tanah Datar  dan Polsek  jajaran yang disebut dengan CSSMS (Central Society and Security Monitoring System).

Guna mewujudkan dan menjalankan CSSMS ini, Kapolres Tanah Datar memerintahkan Iptu MR. Zen  selaku Kapolsek Lima Kaum yang merupakan Polsek yang terletak di wilayah ibu kota Kabupaten untuk memimpin Tim IT Polres Tanah Datar guna melakukan kajian dan penerapan aplikasi serta perangkat yang dibutuhkan.

Kapolres Tanah Datar menyatakan bahwa dengan berbagai inovasi yang dilakukan demi kepentingan masyarakat diharapkan mampu memperbaiki citra Kepolisian dan semakin dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

“Kepolisian harus dapat hadir dan dirasakan oleh masyarakat serta menjawab security needs yang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat akan rasa aman,” ungkapnya.

Kapolres Tanah Datar juga berinisatif untuk menggandeng pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dalam penerapan CSSMS ini dengan menghimbau kepada seluruh kantor pemerintah untuk dapat mengintegrasikan kamera cctv mereka ke dalam CSSMS agar pihak Kepolisian juga dapat mengawasi situasi keamanan di setiap kawasan kantor.

Hal ini telah direspon dengan baik oleh Pemda Kab Tanah Datar dengan mulai mengintegrasikan kamera cctv di kawasan pasar Batusangkar. yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan Tim IT Polres Tanah Datar sebagai pilot project bagi kantor instansi lain di jajaran Pemda Kab Tanah datar.

Ada beberapa aplikasi yang sudah di luncurkarkan oleh polres tanah datar, ada pun aplikasi tersebut yang dapat di akses oleh masyarakat sebagai berikut:

  1. Aplikasi Polisi Badunsanak

Aplikasi Polisi Badunsanak adalah aplikasi berbasis android yang sudah bisa diunduh di Google Play Store, fitur utama aplikasi ini adalah tombol SOS bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kepolisian secara tepat, yang mana polisi dapat mengetahui posisi pasti masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut melalui peta google map. Selain itu, juga ada fitur informasi dan pelayanan Kepolisian seperti berita Polres, berita giat Bhabinkamtibmas, info laka lantas, info dpo, artikel hukum, pelayanan skck online, pelayanan SP2HP online dan masih banyak yang lainnya. Saat ini tim IT Polres Tanah

Datar juga tengah mengembangkan aplikasi Polisi Badunsanak untuk dapat menampilkan video live streaming di beberapa titik area umum seperti taman kota, jalan utama, objek wisata dan yang lainnya yang dianggap perlu.

  1. Interfacing antara HP dengan radio komunikasi Polisi

Interfacing HP dengan radio komunikasi Kepolisian ini bertujuan agar Kapolres dan jajaran Pejabat Utamanya masih dapat berkomunikasi dengan jajaran meskipun berada jauh dari jangkauan sinyal radio komunikasi Polres Tanah Datar, sehingga tetap dapat memantau dan berkomunikasi dengan radio Kepolisian di wilayah Tanah Datar melalui akses internet.

  1. Camera cctv (surveillance camera) terintegrasi

Integrasi kamera cctv ini dilakukan dengan menggabungkan koneksi seluruh kamera cctv di kantor dan objek vital seperti bank, rumah sakit, puskesmas dan kawasan pariwisata agar dapat dimonior dan dipantau dalam satu layar monitor yang berada di command center Polres Tanah Datar dan Polsek sejajaran.

  1. Alarm senyap

Alarm senyap merupakan perangkat alarm yang terkoneksi ke server yang terdapat di command center Polres dan Polsek sejajaran yang sangat berguna apabila terjadi ancaman keamanan di lokasi yang dipasangi alarm senyap ini.

Dengan menekan tombol alarm ini maka Kepolisian dapat mendeteksi dan mengetahui lokasi yang keamanannya terancam sehingga Polisi dapat melakukan tindakan secara cepat dan terukur guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti namanya, alarm senyap ini tidak menimbulkan bunyi di lokasi alarm terpasang akan tetapi mentrigger sirine tanda darurat di command center, sehingga pelaku pengancam keamanan tidak menyadari bahwa Polisi sudah mengetahui dan melakukan langkah antisipasi penanganan ancaman.

  1. Alarm video call

Alarm video call merupakan media yang merepresentasikan kehadiran polisi 24 jam penuh di tengah masyarakat. Dengan perangkat ini masyarakat yang membutuhkan bantuan Polisi dapat menekan tombol alarm untuk dapat terhubung secara langsung dengan petugas Polisi yang standby di command center, melalui video call agar masyarakat dapat menyampaikan secara detil dan langsung terhadap masalah keamanan yang dihadapinya kepada petugas yang selanjutnya akan direspon oleh polisi yang bertugas untuk meneruskan kepada jajaran yang berada di lapangan untuk dapat melakukan tindakan yang diperlukan. Selain fitur utama tersebut, perangkat ini juga berguna untuk menampilkan video informasi kegiatan Kepolisian yang telah dilakukan oleh Polres Tanah Datar serta dapat juga menyampaikan himbauan dari Kapolres dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Nantinya perangkat ini akan dipasang di setiap kawasan umum yang saat ini telah dimulai pembuatan dan penerapannya di wilayah pasar Batusangkar.

AKBP Bayuaji Yudha Prajas, SH juga menyampaikan bahwa Tim IT Polres Tanah Datar yang dibinanya di bawah pimpinan Iptu MR. Zen akan selalu mengkaji dan membuat inovasi-inovasi lainnya, dengan tekad dari Kapolres Tanah Datar dan komitmen dari Tim IT Polres Tanah Datar serta didukung oleh segenap jajaran Polres Tanah Datar, diharapkan CSSMS Polres Tanah Datar ini dapat berjalan dengan baik dan terus menciptakan aplikasi dan perangkat baru guna membantu jajaran Polres Tanah Datar dalam menjalankan tugasnya dan agar masyarakat semakin dekat dan mudah untuk mendapatkan bantuan.

– Fitri Rahayu Loetan –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *