‘Galanggang Siliah Baganti’, Resmi Ditabuh Pemkab Tanah Datar

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Mewakili Bupati, Sekda  Tanah Datar, resmi membuka alek nagari ‘Galanggang Siliah Baganti’ (GSB) di lapangan istano basa pagaruyuang, Jumat (21/09)

Diadakan nya gelanggang siliah baganti yang ke 10 ini, kembali mempertemukan para pesilat-persilat muda yang berbakat dalam tournamen yang di gelar 1 tahun sekali dan diikuti lebih dari 1200 peserta dengan 4 kategori dan dari perguruan perguruan silek yang berbeda di tanah datar. 4 kategori ini terdiri dari SD, SMP, SMA dan Khalifah.

Pembukaan GSB berlangsung sangat meriah dengan pertunjukan tradisional khas Minangkabau seperti tari pasambahan, peragaan silek tuo oleh tetua silek  Pagaruyuang serta  tari piriang yang gerak tari nya membuat para tamu undangan dan juga para penonton bersorak riuh dengan ada nya adegan menginjak pecahan kaca, dimana  tari piring yang beradegan seperti ini sudah mulai pudar di masyarakat.

Pada pembukaan Galanggang siliah baganti hari ini di hadiri oleh pejabat daerah seperti sekda Tanah datar Hardiman yang mewakili bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang saat ini sedang berada di jakarta dalam perjalanan dinas. Dan juga ketua DPRD Anton Yondra serta Kapolres tanah Datar AKBP bayuaji Yudha prajas, dandim 0307 Edi S Harahap dan juga ketua IPSI sumatra barat Fauzi bahar. Serta juga di hadiri oleh peminat silek tradisional dari luar negri.

Dalam sambutan nya sekda tanah datar menyampaikan pidato tertulis bupati tanah datar yang tidak dapat hadir dalam pembukaan GSB hari ini. Dalam pidato yang di bacakan  bupati tanah datar menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi nya kepada semua pihak yang terkait atas berlangsung nya Galanggang siliah baganti yang merupakan event spektakuker yang di laksanakan tahun ini. Dimana pada ajang GSB ini berkumpul lah semua para pasilek tuo yang ada di tanah datar serta junior yang akan mempertunjukan kemampuan nya di event kali ini.

Serta menghimpun generasi muda yang berbakat yang berada di kabupaten tanah datar, dimana sangat di perlukan silek sebagai seni bela diri tradisional minang kabau yang harus selalu di kembangkan sehingga tidak akan pudar termakan waktu.

Masih dalam pidato tertulis nya irdinansyah tarmizi berharap dengan diadakan nya GSB ini tidak hanya menjadi ajang tarung saja tapi sebagai ajang pelestarian silek sehingga semakin banyak nya anak muda yang berminat untuk mempelajari silek, dan juga berharap nanti nya akan ada nya bibit-bibit atlit berbakat sehingga mampu membawa silek minang hingga ke internasional.

Setelah di bacakan nya pidato bupati tanah datar oleh sekda Hardiman, acara pembukaan di lanjutkan dengan pemukulan gong oleb sekda yang di dampingi oleh pejabat daerah menandakan Galanggang Siliah baganti hari ini resmi di buka. Pemukulan gong di sambut tepuk tangan oleh seluruh tamu undangan serta para peserta tournamen yang terlihat begitu bersemangat untuk berlaga di ajang silek terbesar tahun ini.

– Fitri Rahayu Loetan –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *