Fadli Amran, Resmi Bergelar ‘Datuak Panduko Malano’

oleh

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Fadli Amran BBA, Wali Kota terpilih Padang Panjang, resmi bergelar Datuak Panduko Malano, usai dilewakan secara besar-besaran oleh Suku Kuntianyia Simpuruik, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Senin (10/9)

Pengangkatan datuak yang di berikan oleh suku kutianyia simpuruik kepada Fadli Amran, merupakan anak kamanakan dari garis keturun Datuak Paduko Malano yang sebelumnya di sandang oleh kakek Fadli Amran.

Hadir sebagai tamu khusus dalam prosesi tesebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, serta Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, beserta jajaran, Ketua DPRD, Dandim dan Kapolres Tanah Datar.

Gubernur dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya merasa mendapat suatu kehormatan menjadi tamu istimewa dalam prosesi malewakan datuak oleh suku Kuntianyia Simpuruik Tanah Datar.

“Sebagai tokoh muda yang sarat dengan prestasi, tentunya diharapkan dapat menginspirasi banyak para generasi muda saat ini. Untuk itu, sebagai seorang datuak di kaumnya, tentu Fadli mampu mengayomi sebagai mana pepatah minang “anak di pangku kamanakan di bimbiang,” ucap Irawan Prayitno.

Sementara itu itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menjelaskan bahwa prosesi malewakan gala saat ini sudah jarang dilakukan.

“Fungsi fungsi datuak di ranah minang tentunya sangatlah penting bagi kaum dan masyarakat. Untuk itu saha menghimbau Kerapatan Adat Nagari (KAN) dapat mengangkat kembali kembali niniak mamak yang belum di nobatkan. Kita akan jadikan perosesi ini sebagai program nagari dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar,” ucap Irdinansyah Tarmizi yang disambut tepuk tangan udangan dan masyarakat yang menghadiri prosesi tersebut.

– Fitri Rahayu Loetan –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *