DPD Gerkatin Sumbar, Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat Disabilitas

Category: Daerah 31 0

img_0465

PADANG, SUMBARTODAY –  Demi mewujudkan Sumatera Barat dan kota Padang khususnya sebagai tempat yang Inklusi dan ramah bagi penyandang disabilitas, segenap lembaga, organisasi dan pemerhati disabilitas yang ada giat melakukan kegiatan untuk kampanyekan etika, cara berkomunikasi, keberadaan dan Hak orang-orang dengan disabilitas.

Seperti halnya yang dilakukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Sumbar, yang mengadakan pelatihan bahasa isyarat, guka mengakomodir kepentingan penyandang disabilitas itu sendiri.

Dalam rangka menambah pengalaman berbahasa isyarat dan juga untuk melahirkan penerjemah bahasa isyarat yang baru, DPD Gerkatin Sumbar akan mengadakan pelatihan bahasa isyarat bagi sesama disabilitas, mahasiswa/i dan masyarakat umum. Pelatihan tersebut akan diadakan setiap hari minggu pukul 10.00 wib s/d 12.30 bertempat di kantor Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) kota Padang, yang beralamat di Belakang olo.

Saat ini, jumlah peserta pelatihan dibatasi hanya untuk 15 orang. Peserta yang telah mahir berbahasa isyarat nantinya akan diberikan sertifikat penerjemah bahasa isyarat, pelatihan sendiri dijadwal akan dimulai pada tanggal 15 januari 2017, Trainer yang di tunjuk memberikan pelatihan langsung dari tim Bisindo DPD Gerkatin Sumbar, ucap Feri Naldi selaku ketua DPD Gerkatin Sumbar kepad Sumbartoday.com. peserta yang berminat bisa mendaftarkan diri ke PIN BB : 52B5AFD5.

Masyarakat saat ini memang sudah harus paham tentang Hak dan keberadaan orang disabilitas disekeliling mereka, salah satunya bisa dengan mulai mempelajari etika dan  bahasa isyarat jika hendak berkomunikasi dengan disabilitas. (Adi)

Related Articles

Add Comment

%d blogger menyukai ini: