Dinas Pariwisata Kota Padang, Diduga Kuat Gunakan Karcis Ilegal

oleh

Sumbartoday.com, Padang – Tim Pengendali Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bappeda Kota Padang, melakukan operasi tangkap tangan terhadap petugas pintu gerbang objek wisata Pantai Air Manis Kota Padang, yang diduga kuat menggukana karcis masuk ilegal, Sabtu (10/3)

Dari inforamsi yang dihimpung sumbartoday.com dilapangan, Tim dari PAD  Bappeda, mendapati karcis atau tiket masuk dikawasan objek wisata Pantai Air Manis yang dikelola Dinas Pariwisata Kota Padang, diduga kuat merupakan karcil ilegal, karena tidak terdaftar atau terperforasi  (kode kacis berlobang-red) pada Bappeda Kota Padang dan hal tersebut sudah berlangsung sejak satu bulan yang lalu.

“Kita mendapat informasi, bahwa dikawasan objek wisata Pantai Air Manis yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kota Padang ini menggunakan karcis yang belum terperforasi. Setelah kami telusuri ternyata benar karcis yang digunakan adalah ilegal, dan ini jelas melanggar hukum. Untuk itu kita sudah menarik 16 dari 20 buku yang diduga ilegal dan meminta pertanggung jawaban pihak Dinas Pariwisata,” jelas Yulisman Kasubbid Retribusi dan Pendapatan Bappeda Kota Padang, sembari meminta sumbartoday.com mengeluarkan berita yang baik-baik saja melalui selulernya, Sabtu (10/3)

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi, membantah bahwa pihaknya melakukan penjualan karcis ilegal.

“Hal tersebut tidaklah benar, sebab karcis-karcis itu baru saja kami gunakan, jika belum terdaftar itu merupakan kelalalain anggota dilapangan dan bukanlah menjadi tanggungjawabnya. Jadi jika dikatakan pungli tidaklah sesuai, uang yang diterima langsung dimasukan kekantong pribadi, barulah dinamakan pungli,” elak Medi melalui selulernya kepada sumbartoday.com, Sabtu (10/3)

Ia juga mengakui bahwa tiket atau karcis yang digunakan untuk masuk kekawasan objek wisata Pantai Air Manis belum terperforsi, namun pihaknya selama ini sudah menyetorkan hasil dari penjualan karcis tesebut kepada pihak Bappeda Kota Padang, walau belum terperforasi

Rusdi (45) pengunjung objek wisata Pantai Air Manis Padang, yang berasal dari Pekanbaru, mengaku kaget tiba-tiba karcis yang dibelinya dari petugas pintu masuk objek wisat tersebut diambil paksa oleh salah seorang petugas.

“Ini merupakan citra buruk pemerintah kota Padang, kami selaku masyarakat merasa dirugikan, jika terjadi kecelakaan atau hal-hal diluar dugaan dikawasan objek wisata ini, siapa yang akan bertanggung jawab, sebab karcis yang kami miliki, diduga kuat ilegal. Ini hendaknya menjadi catatan penting pemko Padang, dan harus diusut tuntas siapa dalangnya, sebab ini menyangkut hajat orang banyak,” jelas Rusdi sedikit geram. (Deddy)

One thought on “Dinas Pariwisata Kota Padang, Diduga Kuat Gunakan Karcis Ilegal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *