Debat Calon Bupati dan Wakil, Polres Mentawai Kerahkan 150 Personel

Category: Sumbar 17 0
dua-paslon-akan-bertarung-di-pilkada-mentawai-2017-imspfth8wt
Dua pasangan yang bakal bertarung di Pilkada Mentawai 2017, yakni pasangan Rijel Samoloisa-Binsar Saleleubaja dan Yudas Sabaggalet-Kortnius Sabeleakek.

MENTAWAI, SUMBARTODAY – Lebih kurang 150 personel Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat disiapkan guna pengamanan debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) calon bupati dan wakil bupati kepulauan Mentawai pada Sabtu (14/1), mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Kapolres Mentawai AKBP Hasanuddin kepada media di Tuapejat, Selasa (10/1). Menurut Kapolres dalam debat calon tersebut, pihaknya sengaja mempersiapkan 150 orang personel guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita berharap pada acara debat calon Bupati dan wakil Bupati Mentawai nantikiranya berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun, namun untuk mengantisipasi berbagai kemungkingan yang tidak kita inginkan, makanya kita persiapkan anggota-anggota kita dilapangan. Namun sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi dari KPU Mentawai tentang lokasi serta bentuk dari kegiatan tersebut.” ucap Kapolres.

“Namun walaupun demikian kami akan secepatnya melakukan koodinasi dengan pihak KPU guna mendapatkan informasi perkiraan massa pendukung yang akan hadir, termasuk hal-hal yang dilarang selama kegiatan debat kandidat berlangsung,” jelasnya.

Sementara itu Laurensius Sarogdok, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, menyebutkan bahwa  jadwal debat pertama akan dilaksanakan pada Sabtu (14/1), sedangkan debat kedua dilaksanakan pada 2 Februari 2017 mendatang. “Jadwal ini sudah kami informasikan kepada para calon bupai dan wakil bupati, sementara untuk lokasi pelaksanaan debat, tahap pertama dilaksanakan di Mentawai, sementara tahap kedua masih kami bahas,” ungkap Laurensius.

Untuk teknis kegiatan, pihak KPU Mentawai akan membatasi pengunjung atau massa pendukung pasangan calon yang masuk dalam ruang debat, agar terasa nyaman. “Kita akan batasi para pendukung calon kiranya dapat membawa pendukung sebanyak 50 orang, dengan menggunakan identitas diri serta dilarang membawa atribut atau alat peraga kampanye,” tegasnya.

Terkait dengan panelis yang akan ditunjuk dalam debat kandidat tersebut, pihak KPU Kepulauan Mentawai sudah menetapkan tiga orang akademisi, satu dari Universitas Andalas dan dua lainnya dari Universitas Bung Hatta Padang. (Adi)

 

Related Articles

Add Comment

%d blogger menyukai ini: