Bupati Sutan Riska, Lantik Tiga Walinagari

oleh -374 views

Dharmasraya, Sumbartoday.com
Tiga wali nagari hasil Pemilihan Wali Nagari serentak di Kabupaten Dharmasraya pada November lalu, resmi dilantik dan diambil
sumpahnya oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Jum’at (14/11).

Tiga wali nagari tersebut yakni Zainal Arifin sebagai Wali Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai, Eko Noris sebagai Wali Nagari Koto Besar Kecamatan Koto Besar dan Arif Gumensa sebagai Wali Nagari Sipangkur Kecamatan Tiumang.

Selain itu, disaat bersamaan bupati juga turut melantik Wali Nagari Antar Waktu Ranah Palabi, Salman Al Farisi untuk masa jabatan 2012-2022.

Prosesi pelantikan yang dilaksanakan di Auditorium Dharmasraya itu turut disaksikan oleh Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, bupati mengucapkan selamat kepada wali nagari terpilih yang telah mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat dengan perolehan suara terbanyak dalam Pilwana serentak yang dilakukan pada 28 November lalu. Juga kepada wali nagari antara waktu Ranah Palabi yang terpilih melalui musyawarah nagari pada hari yang sama.

Bupati berharap, wali nagari yang baru saja dilantik tidak larut dalam euforia kemenangan, tetapi harus mampu merangkul seluruh lapisan
masyarakat. Karena wali nagari menjadi pemimpin seluruh masyarakat dan bukan pemimpin sebagian kelompok saja.

“Tugas berat telah menanti saudara semua. Merajut dan menanam semangat kebersamaan dalam keragaman di tengah-tengah masyarakat. Jaga dan terus peliharaan, agar keamanan dan ketertiban masyarakat senantiasa dalam situasi kondusif dengan masyarakat kita terkotak-kotak. Sebentar lagi kita juga akan melaksanakan pilpres dan pileg, tentu sangat menuntut kita semua
untuk lebih mampu menjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat,” ujar bupati.

Selain itu juga ada beberapa hal yang ditekankan oleh bupati kepada wali nagari yang baru saja dilantik diantaranya yaitu we nagari diminta untuk mensinkronkan RPJM Nagari dengan RPJM daerah agar terwujud sinergi dan keselarasan arah pembangunan untuk masyarakat.

Kemudian, karena beratnya beban tugas pemerintah nagari dalam menjalankan tupoksinya, maka pemerintah daerah telah melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur negara mulai dari wali nagari, Bamus nagari, LPM dan perangkat negari. Oleh karena itu wali nagari yang baru diminta untuk dapat memanfaatkan aparatur yang sudah dilatih ini dan tidak berbentuk dan dengan aturan permendagri nomor 83 tahun 2015 tentang perangkat desa.

Wali nagari juga diminta rajin turun ke lapangan untuk memastikan semua pelayanan program dan kegiatan tepat sasaran dan berjalan dengan baik. Karena hal ini akan berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan masyarakat pada kinerja seorang wali nagari.

“Akhir kata, kami mengucapkan selamat bertugas kepada wali nagari yang baru saja dilantik. Semoga saudara diberikan kekuatan, kesehatan, petunjuk dan perlindungan oleh Allah subhanahu wa ta’ala selama menjalankan tugas sebagai tampuk pimpinan di pemerintahan nagari,” tandas bupati.

Usai pelantikan wali nagari, juga dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK Nagari dari empat nagari tersebut oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska.

-Bambang Suprato-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *