Bukti Sudah Kuat, ICW: Kita Tunggu Sprindik Baru KPK untuk Setnov

Category: Nasional, News 20 0
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho. Foto/Dok/SINDOnews

JAKARTA, SUMBARTODAY – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat berhati-hati dan cermat untuk menerbitkan surat perintah penyidikan baru bagi Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Emerson mengatakan, kecermatan itu dibutuhkan KPK agar lembaga antirasuah tersebut tidak kalah untuk kedua kalinya dalam sidang praperadilan yang diajukan tersangka kasus korupsi.

“KPK terlalu berhati-hati betul, agar menghindari lolos lagi di praperadilan,” kata Emerson dalam sebuah diskusi bertajuk KPK vs Setnov: Membuka Koran Pandora di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Emerson berpandangan, gugatan praperadilan kerap kali digunakan sebagai instrumen untuk meloloskan diri dari jeratan hukum KPK. Faktanya, sejumlah tersangka korupsi yang tengah digarap KPK berhasil lolos melalui gugatan praperadilan.

Karenanya, Emerson mendorong agar KPK lebih cermat dalam mengumpulkan alat bukti guna menjerat Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut.

“Saya 95% yakin KPK akan Keluarkan sprindik baru. Bukti kuat sudah ada. Ditambah kesaksian serta Fakta persidangan. Tidak ada pilihan lain, Kita tunggu sprindik baru KPK,” kata Emerson.

sumbe:sindonews

Related Articles

Add Comment