BPBD Kota Padang Gelar Pelatihan KSB Kelurahan

oleh -591 views

Padang, Sumbartoday.com
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menggelar Pendidikan dan Pelatihan yang diikuti 180 peserta di Hotel Grand Zuri Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/4).

Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi membuka kegiatan pelatihan Kelompok Siaga Bencana Kelurahan (KSB) se-Kota Padang Tahun 2019 di Hotel Grand Zuri Kota Padang, Sumbar.

Sehubungan dengan itu, Kota Padang memiliki kerentanan beberapa bencana di antaranya, bencana gempa bumi, Tsunami, banjir, longsor dan bencana alam lainnya. Untuk itu, mutlak diperlukan pemahaman tentang kesiapsiagaan bencana bagi masyarakat yang tinggal di kawasan bencana, tersebut, apalagi dilihat dari kepadatan penduduk dan kerapatan perumahan di kota tercinta ini, ucap Edi Hasymi.

Maka memperkecil risiko bencana dimaksud, setiap KSB yang berada di kelurahan nantinya, merupakan perpanjangan tangan dari BPBD Kota Padang dalam menghadapi bencana, jika terjadi di tengah-tengah masyarakat Kota Padang, ujar Edi Hasymi.

“Kita berharap dengan telah terlaksananya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bagi KSB di Kelurahan di bidang kebencanaan ini, akan bisa mengurangi risiko bencana dan secara mandiri tugas ini dapat diwujudkan pada lingkungan RT/RW”, kata Edi Hasymi.

KSB yang berada di kelurahan, mereka sudah mempunyai pengetahuan tentang kebencanaan. Jika terjadi bencana gempa, baik sedang berada di rumah atau diluar rumah, mereka sudah punya Standar Operasional Prosedur (SOP). Mereka sudah tahu apa yang akan dilakukannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang, Henry menyampaikan, kegiatan pendidikan dan pelatihan KSB bagi KSB kelurahan di bidang kebencanaan tersebut dilaksanakan 2 hari, 9-10 April 2019. Peserta sebanyak 180 orang, terdiri dari unsur KSB Kelurahan, Kecamatan dan FKSB Kota Padang.

KSB dididik dan dilatih nantinya sebagai fasilitator siaga bencana di wilayah kerjanya, serta mengarahkan masyarakat dalam menghadapi bencana, baik itu banjir, longsor, gempa bumi dan membantu proses evakuasi warga apabila terjadi bencana dan terlibat langsung dalam proses tanggap darurat, terhadap musibah bencana besar, ujar Henry.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan pendidikan dan pelatihan KSB bagi KSB kelurahan diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan bagi pemerintah, dan mampu mengurangi resiko bencana, jika terjadi bencana”, kata Henry.

Sedangkan menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah yang juga turut hadir menyampaikan, melalui pelatihan yang di ikuti oleh KSB berharap untuk dapat membantu Pemerintah dan BPBD Kota Padang dalam hal memberikan bimbingan pada masyarakat seperti dalam hal menjaga kebersihan di lingkungannya untuk dapat tidak membuang sampah sembarangan, menjadikan keluarga yang cerdas bencana serta apalagi adanya Program BNPB untuk melakukan penghijauan di bibir pantai untuk mengurangi resiko bahaya Tsunami yang mengancam.

-Robbie Pratama-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *