BNNP Sumbar Ringkus Pasutri Pengedar Narkotika Jenis Sabu

oleh -1.381 views

Padang, Sumbartoday.com
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat kembali menciduk pelaku peredaran Gelap Narkotika jenis Sabu di dua lokasi yang berbeda, satu di Kota Padang dan di Kab. Padang Pariaman.

Kali ini BNNP Sumbar mengamankan sepasang suami istri dan 2 (dua) Pemuda. Dimana suami ini berinisial MR (31) dan istri berinisial EG (25) yang beralamat di Jl. Seberang Penggalangan dan Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) di JI. Seberang Palinggam Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sabtu (2/3).

Dalam jumpa Pers Release, Rabu (6/3) Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Drs Khasril yang didampingi oleh Kepala Bidang Pemberantasan BNN Sumbar AKBP Emrizal Hanas menyampaikan, kami dapat informasi dari Laporan Masyarakat bahwa pada hari Sabtu (2/3) sekitar pukul 05.00 WIB akan masuk Narkotika jenis Sabu dari Kota Pekanbaru menuju Kota Padang.

Diduga Narkotika Jenis Shabu tersebut dibawa dengan menggunakan sepeda motor merk Kawasaki Type LX 150 F dan akan melakukan transaksi di sekitar pondok. Kemudian Tim Pemberantasan BNNP Sumbar terjun kelapangan dan langsung menyebar untuk melakukan pemantauan dilapangan, ucap Brigjen Pol Drs Khasril.

Sekitar Pukul 08.30 WIB disebelah jembatan Siti Nurbaya terlihat dua orang dengan gerak gerik mencurigakan, lalu salah seorang mencari sesuatu didalam bak sampah kemudian nampak bungkusan plastik hitam yang dipegang melihat kejadian tersebut Tim langsung mengamankan dua orang tersebut, lanjutnya.

“Pada saat petugas mengamankan barang bukti sempat dilempar ke arah sungai namun berhasil diselamatkan oleh petugas. Kemudian pelaku beserta Barang Bukti di bawa kekantor BNNP Sumbar”, ujarnya.

“Dari suami istri ini, kami mengamankan Barang Bukti 1 (satu) bungkusan Kantong plastik warna hitam yang berisikan 4 (empat) paket sedang diduga berisi Narkotika Jenis Sabu dengan Berat 500 Gram atau 1/2 Kilogram, 1 (satu) buah Hp merk Hammer warna silver, 1 (satu) unit sepeda motor merk Kawasaki Type LX 150 F warna kuning beserta STNK”, ucapnya

Tidak berselang lama dari penangkapan sebelumnya, Tim kembali mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa akan masuk narkotika jenis sabu dari Kota Pekanbaru menuju Kota Padang. Informasi yang didapat petugas bahwa barang haram tersebut sudah dalam perjalanan lintas Padang Bukittinggi. Diduga Narkotika tersebut dibawa menggunakan sepeda motor Yamaha Mio, lanjutnya.

Tim kami langsung bergerak menuju perbatasan Padang – Padang Pariaman, tepatnya di dekat Kasang Pasar Baru Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman. Lalu Tim kami memantau sepeda motor merk Yamaha Mio yang mencurigakan, ucapnya.

Kemudian Tim kami mengamankan dua pemuda pelaku peredaran berinisial MA (26) yang beralamat JI. Delima Kec. Tampan Pekanbaru, Riau dan MM (27) yang beralamat JI. Pemudi Kec. Payung Sekaki Kota Siak, Riau. Kedua pemuda ini di ciduk di perlintasan Rel Kereta Api (Kasang) Jl. Lintas Padang-Bukittingi Km 21 Kec. Batang Anai Kab. Padang Pariaman, Sabtu (2/3), tambahnya.

“Dari dua pemuda ini, kami mengamankan BB 1 (satu) paket besar diduga Narkotika jenis Sabu seberat 496,99 Gram yang dibungkus dengan plastic warna bening, 3 (tiga) lembar kantong plastic warna hitam, 1 (satu) buah tas sandang merk Polo warna abu-abu, 1 (satu) buah dompet warna coklat merk Crocodile, Uang sejumlah Rp 958.000,-, 2 (dua) unit Hp merk Nokia dan Samsung, 1 (satu) unit sepeda motor merk Yamaha Mio beserta STNK”, ujarnya.

Jadi total Barang yang kami amankan adalah sekitar 1 (satu) Kilogram Sabu. Keempat pelaku dijerat Pasal 114 ayat (2), Jo Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UUD No. 35 Tahun 2009 dengan ancaman Hukuman Seumur Hidup dan denda paling banyak Rp. 10 Milyar dan paling sedikit 1 Milyar.

Sampai berita ini diturunkan, petugas masih melakukan pengembangan terhadap keempat pelaku peredaran Sabu ini.

-Robbie Pratama-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *