Banjir Bandang, Hantam Dua Nagari di Kabupaten Solok

oleh -0 views

Kabupaten Solok, Sumbartoday.com
Banjir bandang akibat hujan deras kembali melanda Kabupaten Solok. Kali ini musibah banjir menerjang kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Kamis  malam (6/9). Ratusan rumah warga rusak berat, termasuk fasilitas umum, sekolah, tempat ibadah kantor Walinagari, serta persawahan warga yang siap panen.

Banjir bandang juga menimbulkan korban jiwa. Amik (60) warga Balai Pinang, Nagari Muara Panas, meninggal dunia saat dirinya terkejut melihat banjir bandang yang datang secara tiba-tiba.

Dari informasi yang dihimpun sumbartoday.com, banjir yang menerjang Kecamatan Bukit Sundi dan menimpa Nagari Muaro Panas dan Nagari Kinari, Nagari Parambahan, berasal dari meluapnya Sungai Batang Lembang akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut.

Menurut Ahpi Gusta Tusri, Camat Bukit Sundi, menjelaskan bahwa sejak sore  dari data yang kami terima, sudah tercatat sebanyak 3.207 jiwa terkena dampak banjir yang melanda kecamatan Bukit Sundi. Jumlah ini tersebar pada delapan jorong dari tiga nagari yakni Muaro Paneh, Kinari dan Parambahan.

“Diperkirakan 322 Ha sawah yang siap panen, dipastkan gagal akibat banjir ini, sekitar 3 ton gabah hanyut, 20 warung rusak, 15 ekor kambing, 7 ekor sapi dan 300 itik juga ikut hanyut. Banjir juga sudah merusak bendungan irigasi Banda Halim,”jelas Ahpi Gusta Tusri, saat ditemui sumbartoday.com, Jumat (7/9)

Sementara itu Rumainur, Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Sumatera Barat, yang ditemui sumbartoday.com, juga menjelaskan bahwa bencana yang melanda kawasan Bukit Sileh dan Arosuka di Kabupaten Solok setidaknya berdampak kepada kondisi masyarakat setempat.

“Dari data ribuan warga yang kena dampak musibah ini masih bersifat sementara, karena kami masih memeriksa ulang kondisi di lokasi terdampak bencana. Sementara untuk membantu masyarakat, kami berupaya menyalurkan logistik guna kebutuhan warga setempat,” tutupnya

– Rudi Andesta –

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *