Bajir Bandang di Kayu Tanam ini Ternyata….

oleh

SUMBARTODAY.COM, PADANG PARIAMAN – Banjir Bandang di Kenagarian Anduriang, Kecamatan Kayu Tanam, Selasa pagi (7/8) sekira pukul 03.00 WIB menghanyutkan sedikitnya 6 unit rumah dan 14 ekor ternak warga.

Berdasarkan data dari Polres Padang Pariaman menyebutkan sedikitnya ada 6 unit rumah hanyut 8 rusak berat, 1 rumah ibadah dan 14 ekor kerbau terbawa hanyut.

“Sementara 60 hektar sawah diperkirakan gagal panen, untuk korban jiwa tidak ada sedangkan kerugian materil belum dapat ditaksir,” ujar Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho.

Rumah dan tempat ibadah yang terbawa hanyut merupakan semi permanen atau terbuat dari kayu yang berada di tepi sungai Batang Anai. “Diperkirakan penyebab banjir bandang ini dampak dari curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari terakhir, sehingga menyebabkan meluapnya air sungai,” ulas Kapolres

Terpisah Kabid Ked dan Logistik BPBD Padang Pariaman Yendri mengatakan, telah mengambil tindakan dengan mendirikan 5 unit tenda dekat lokasi dan mendistribusikan bantuan logistik melalui Dinas Sosial.

“Pemerintah daerah juga telah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Wabup Suhatri Bur di lokasi bencana yang dihadiri juga oleh Ketua Baznas, Dandim, Kapolsek, Camat, Walinagari, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial,” sebut Yendri.

Usai rapat Pemerintah Daerah menyerahkan bantuan logistik kepada warga yg jadi korban banjir, berupa selimut, alat dapur, tikar dll.

“Wakil Bupati juga menginstruksikan untuk segera dilakukan perbaikan dan pengadaan hunian sementara semi permanen bantuan dari Baznas. Dalam jangka menengah akan dilakukan kordinasi dengan dinas teknis terkait penanganan alur sungai Batang Anai,” tutur Yendri. (war)

 

One thought on “Bajir Bandang di Kayu Tanam ini Ternyata….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *