Anomali Askot Padang yang Mati Suri

oleh

 

TERAMAT miris, walau sempat menggelar banyak aktivitas dan perlombaan beberapa tahun lalu, Assosiasi Sepakbola Kota (Askot) Kota Padang, kini seakan mati suri. Ironinya lagi,  kantor yang dijadikan sekretariat dikawasan Gor H. Agus Salim Padang tersebut, ternyata kondisinya tidak jauh berbeda dengan organisasinya, memprihatikankan dan terkesan seperti rumah hantu.

Penulispun berfikir gamang, walau Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tinggal menghitung hari, organisasi ini tidak sedikitpun melihatkan geliatnya, padahal klub-klub sepakbola Kota Padang berharap banyak dari organisasi yang memayungi mereka. Mungkinkah payung ini hilang?  jawabnya entahlah…..

Pertanyaan lain tentunya juga mengganjal penulis, ada apa gerangan dengan Askot, atau mungkin para punggawa-punggawa Askot ini merasa sudah menjadi dewa yang wajib disembah dan dihormati, “Masa Bodoh”,mungkin itulah tagline yang mereka agungkan

Hmmm…. penulis mengira ego sektoral tersebut harusnya sudah terkikis, adakan persiapkan, seperti halnya cabang-cabang olahraga lain, inten berlatih menghadapi Poprov nanti, sehingga sepakbola kota Padang dapat berjaya. Lihatlah daerah-daerah lain, walau dengan segala ketebatasan, mereka tetap membina dan berlatih demi satu tujuan, menancapkan harga diri daerahnya.

Kembali pertanyaan datang……  ada apa dengan Askot, dengan kekuatan dan intelektual yang mapan, gelaran turnamen sekelas Sekolah Sepak Bola (SSB) pun tidak membuat Askot Kota Padang bergeming. Sehingga anekdot kedai pengamat sepakbola menjajalkan kata,  jangan pedulikan lagi Askot, yang penting kita tetap dipertandingkan….hmmmm…. teramat miris….

Maaf…  bukannya menggurui akan kedunguan Askot, sebagai insan pers dan jurnalis olahraga, tentunya kritikan yang konstruktif ini wajib penulis sampaikan, tanpa ada tendensius dan kepentingan lain. Seyogiyanya kejayaan sebuah cabang olahraga, tentunya tidak terlepas dari soliditas organisasinya.

Kami bangga Askot, kami cinta Askot, kami dukung Askot, bahkan berjuangpun kami siap demi Askot. Bangkitlah kembali, hidupkan rumah persepakbolaan kota Padang, agar dapat meraih yang terbaik di ajang Pekan Olahraga Provinsi nanti. Bravo Askot……!!!!, kami tunggu aktivitasmu.

Catatan Aries Candra
redaktur sumbartoday.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *