‘Alek Nagari Pacu Jawi’ Ternyata Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal

oleh
Irjen Pol Fakhrizal, M.Hum, Kapolda Sumbar

Tanah Datar, Sumbartoday.com
Baru kali ini saya melihat perlombaan ‘pacu jawi’ (balapan sapi-red) ini secara langsung, tentunya kegiatan i ini sangat membanggakan saya, apalagi permainan ini sudah dikenal oleh dunia internasional.

Demikian yang disampaikan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol. Fakhrizal, M.Hum., dalam sambutannya saat menghadiri pembukaan kegiatan Pacu Jawi di Koto Hiliang, Kenagarian  Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (13/10)

Kapolda juga menyampaikan bahwa permainan ‘anak nagari’ yang degelar setiap usai musim panen padi ini, tentunya akan menjadi sebuah ikon budaya dan harus dilestarikan keberadaanya.

“Karena ini merupakan ikon budaya, saya akan tetapkan Piala Kapolda sebagai trophi bergilir pada ajang Paju Jawi pada panen berikutnya. Kami juga akan menyediakan hadiah dan dana pembinaan bagi penyelenggara pacu jawi nantinya,” ucap Kapolda yang disambut tepuk tangan meriah dari peserta dan undangan.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, juga menegaskan bahwa selama kegiatan Pacu Jawi yang digelar di Kabupaten Tanah Datar, baru kali ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kapolda Sumbar.

“Pacu jawi ini merupakan permainan anak nagari setiap usai musim panen dan diselenggarakan pada setiap nagari yang berbeda-beda. Namun untuk kali ini dan pertama kalinya, kegiatan pacu jawi dihadiri dan dibuka langsung oleh Kapolda Sumbar. Tentunya ini suatu kehormtan dan penghargaan besar bagi kami pemerintah Kabupaten Tanah Datar,” ucap bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa saat ini pacu jawi tidak saja menjadi permaian anak nagari, namun suda menjadi ikon wisata yang diminati wisatawan lokal dan mancanegara.

“Permainan pacu jawi ini sudah menjadi ikon wisata yang diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Bahkan turis-turis dari luar tersebut rela datang dan menunggu, serta mencari informasi kapan pesta pacu jawi digelar. Disamping itu event pacu jawi saat ini, sedang dalam masa penilaian menteri pariwisata Indonesia sebagai ajang wisata terbaik, dan alhamdulillah hingga detik ini pacu jawi masih menjadi peringkat teratas dalam poling penilaian,” terang bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Irdinansyah juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kapolda Sumbar, atas kehadiran dan kesediaan membuka langsung pesta nagari pacu jawi tersebut.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar, kami mengucapkan selamat datang Bapak Kapolda, dan terima kasih atas kesediaannya membukan secara langsung alek nagari pacu jawi di Sungai Tarab ini,”

Tampak hadir dalam acara yang disponsori BRI Cabang Batusangkar dan Polres Tanah Datar ini, Ketua DPRD Anton Yondra, Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas, Dandim 0307 Edi Sugianto Harahap serta beberapa kapolres dari daerah lain.

– Fitri Loetan Rahayu –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *